Langsung ke konten utama

BIOGRAFI ABI BIDOK Ulim Pidie jaya || Alumni Lam Ateuk

Semoga sehat selalu

Abi bidok

BIOGRAFI SINGKAT ULAMA ACEH
________________________
Abi Bidok salah satu ulama ahli tasawuf Alumni Lam Ateuk, Beliau berasal dari Bidok, kec. Ulim, Pidie Jaya
________________________
Berbicara tentang ulama, maka Aceh adalah negerinya para ulama. Di Aceh banyak sekali ulama ulama terkemuka seperti Syiah Kuala, Abuya Mudawali, Tgk Syiek Di Tiro dan masih banyak lagi.

Kali ini kami ingin memposting tentang ulama kharismatik Aceh di Pidie Jaya, yaitu Abi Sarifuddin jalil yg akrap di sapa dengan Abi Bidok , Beliau adalah ulama yg berasal dari Gampong Bidok, Ulim, Pidie Jaya, Beliau ahli dalam bidang Ilmu Tasawuf, Nama beliau tidak begitu megah layaknya Abu Tu min, Abu Mudi ataupun Abu Kuta Krueng.
Abi bidok merupakan Alumni Dayah Lam Ateuk, Muridnya Abu Lam Ateuk. Sebelum beliau belajar ilmu agama di Lam Ateuk, Terlebih dahulu beliau menuntut ilmu agama di Dayah Gampong Blang Kuta, Ulee Gle yang waktu itu dayah tersebut dipimpin oleh Salah satu ulama kharismatik Aceh Timur yaitu Alm Abu Abdul Mannan Alue Lhok, Yang kemudian Abu abdul mannan dijemput oleh masyarakat Alue Lhok untuk membawa pulang kembali Abu abdul mannan dan mendirikan dayah disana yang diberi nama Dayah Al Muna. Setelah Abi Bidok belajar agama daripada Abu Abdul Mannan, Lalu Abi melanjutkan menuntut ilmu agama ke Dayah Lam Ateuk. Yang mana pada waktu itu,dayah Lam Ateuk masih bersantri 12 orang, dan bangunannya pun masih minim, meunyo kheun Abi “Bangunan kamoe jameun hana jeut tapeugah, lagee ceh aneuk lumo, meunan ban pembangunan masa kamoe jak beut di Lam Ateuk”.

Dengan berkat kegigihannya, Kini Abi sudah mendirikan dayahnya sendiri yang diberi nama Dayah Istiqamatuddin Daruzzahidin yang berada di desa Bidok, Kec Ulim. Kab Pidie Dayah berada sekitar 5KM dari jalan raya B.Aceh-Medan.Dayah tersebut masih berstatus Salafi dan masih kental dengan pengajaran kitab gundul (kitab kuning). Dan memegang paham Ahlussunnah waljamaah bermazhab Imam syafii.

"SEMOGA DENGAN BERKAT PERJUANGAN ULAMA² KITA DALAM MEMBIMBING UMMAT SELALU MENDAPAT KEBERKAHAN DARI ALLAH SWT .."

Komentar